Rabu, 26 Desember 2012

REVIEW JURNAL EKONOMI KOPERASI 1(BAGIAN 3)


REVIEW 3


APLIKASI PEMBANTU PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA 
(Studi Kasus Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia "Dian" kota Malang)

Program Studi Komputerisasi Akuntansi Politeknik Telkom Bandung
2011 



3. ANALISIS KEBUTUHAN DAN PERANCANGAN

3.1 Kebutuhan Perangkat Keras
Perankat keras yang dibutuhkan adalah PC yang terhubung dengan jaringan internet dengan spesifikasi tertentu yang akan dijelaskan pada bab selanjutnya.

3.2 Kebutuhan Perangkat Lunak
Aplikasi yang harus diinstall antara lain adalah browser dan server untuk database.

3.3 Perancanan
3.3.1 Kebutuhan Sistem
Berikut ini merupakan spesifikasi minimum perangkat keras yang dibutuhkan dalam instalasi aplikasi ini:
a. Processor Intel® Pentium III Processor T5270-1 GHz
b. Memory(RAM) 512MB DDR2
c. Hardisk 80GB HDD
d. Display 14.1"WXGA
e. Graphic VRAM Intel GMA X3100 Shared Spesifikasi perangkat lunak yang dibutuhkan dalam membangun aplikasi ini adalah:
a. Sistem Operasi : Windows XP
b. XAMPP (di dalamnya terdapat server Apache dan DBMSMySQL)
c. Browser : (Internet Explorer/ Mozilla Firefox/ Google Chrome)

3.4 Perancangan dan Implementasi
3.4.1 Perancangan Sistem

Gambar 3.2 Flow Chart Usulan Sistem

a. Calon anggota mendaftar sebagai anggota KPRI ”DIAN” Kota Malang
b. Sekretaris mencatat data anggota yang mendaftar
c. Anggota wajib membayar simpanan pokok dan simpanan wajib yang jumlahnya telah ditentukan.
Pembayaran dapat secara tunai maupun dipotong dari gaji.
d. Bendahara mencatat setiap simpanan yang dilakukan oleh anggota.
e. Data tersebut disimpan.
f. Setiap anggota KPRI ”DIAN” Kota Malang dapat melakukan peminjaman, anggota yang akan melakukan peminjaman dapat langsung menghubungi bendahara.
g. Bendahara mencatat setiap pemberian piutang yang diberikan kepada anggota.
h. Data tersebut disimpan.
i. Anggota dapat melakukan cicilan untuk membayar pinjamannya. Bunga yang dikenakan adalah tarif flat yaitu sebesar 1,5% perbulan.
j. Bendahara mencatat setiap pembayaran yang dilakukan oleh anggota.
k. Data Transaksi Piutang dipanggil ketika Transaksi Pembayaran akan dicatat.
l. Data tersebut disimpan.
m. Data pinjaman, simpanan, dan transaksi piutang akan akan dijurnal secara otomatis.
n. Hasil dari proses 13 adalah jurnal transaksi.
o. Data pendapatan yang diperoleh dari toko dan data pengeluaran-pengeluaran lainnya akan dijurnalkan  secara manual.
p. Hasil dari proses “o” adalah jurnal transaksi.
q. Rancangan pembagian SHU tersebut akan dilaporkan kepada Ketua KPRI ”DIAN” Kota Malang untuk disetujui dan disampaikan dalam RAT.
r. Transaksi yang telah ada jurnalnya langsung diposting ke buku besar secara otomatis.
s. Sementara itu, data anggota disimpan dalam satu basis data.
t. Data anggota dan data yang telah diposting ke buku besar akan menjadi dasar pembuatan laporan-laporan yang diperlukan.
u. Semua laporan disampaikan dalam RAT. Data Anggota tersebut akan dilaporkan kepada Ketua KPRI ”DIAN” Kota Malang untuk disetujui dan disampaikan dalam RAT.
v. Semua laporan disampaikan dalam RAT. Pihak-pihak yang terkait dalam proses bisnis tersebut adalah:

a. Anggota KPRI ”DIAN” Kota Malang
b. Sekretaris KPRI ”DIAN” Kota Malang
c. Bendahara KPRI ”DIAN” Kota Malang
d. Ketua KPRI ”DIAN” Kota Malang


3.4.2 Perancangan Antarmuka

 
3.4.3 Perancangan Basis Data




4. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN

4.1 Implementasi
4.1.1 Implementasi File Basisdata
Langkah implementasi pertama yang dilakukan adalah pengimplementasian rancangan basis data
yang telah dibuat ke dalam basis data MySQL.
Rancangan basis data tersebut menghasilkan tabel-tabel dalam basis data. Setelah tabel terbentuk, dilakukan pengisian data awal. Data ini igunakan untuk pengujian SQL yang digunakan. Dengan data awal yang telah
diisikan, dijalankan SQL untukmengambil data yang dibutuhkan oleh aplikasi.
Adapun tabel-tabel yang terbentuk dalam basis data antara lain:
a. Tabel Anggota (berisi data anggota)
b. Tabel SimpananType (besrisi jenis-jenis simpanan)
c. Tabel SimpananTrans (berisi data transaksi simpanan)
d. Tabel PinjamanTrans (berisi data transaksi pinjaman)
e. Tabel PembayaranTrans (berisi data transksi pembayaran atas simpanan)
f. Tabel GLTransHdr (berisi data jurnal yang dibentuk atas setiap transaksi yang terjadi)
g. Tabel GLTrDtl (berisi detail jurnal yang terbentuk dari transaksi)
h. Tabel GLCOA (berisi daftar akun)
i. Tabel GLBalance (berisi saldo setiap akun)
j. Tabel Period (berisi periode-periode
akuntansi)





4.1.2 Implementasi Antar Muka
Setelah dipastikan basis data dapat menyimpan dan menampilkan data-data yang dibutuhkan oleh pengguna, kemudian dibangun tampilan antarmuka. Antarmuka menjembatani pengguna dengan basis data sekaligus melindungi data dalam basis data dari kerusakan karena kesalahan pengguna.
Antarmuka dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu antarmuka input dan antarmuka output. Pada antarmuka input, pengguna memasukkan data ke dalam basis data, sedangkan dalam antarmuka output, pengguna dapat melihat data yang telah dimasukkan ke dalam basis data.
Form masukan yang dibuat antara lain adalah:
a. Form masukan anggota
b. Form masukan akun
c. Form masukan simpanan
d. Form masukan pinjaman
e. Form Masukan Pembayaran
f. Form masukan jurnal


Form keluaran yang dibuat adalah:
a. Jurnal
b. Saldo Setiap Akun
c. Perhitungan SHU
d. Rencana Pembagian SHU
e. Pembagian SHU
f. Sisa Piutang Setiap Anggota


4.2 Pengujian
Pengujian dilakukan untuk memasikan bahwa aplikasi telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian meliputi pengujian proses dan pengujian fungsionalitas. Pengujian fungsionalitas menguji apakah menu-menu yang terdapat pada aplikasi bekerja dengan benar atau tidak. Dalam pengujian proses, dicek apakah hasil proses menghasilkan keluaran yang benar atau tidak.
Contoh perhitungan SHU secara manual:
1. Penjualan 19319800.00
2. Harga Pokok Penjualan 15902600.00
3. Laba Penjualan Barang (1-2) 3417200.00
4. Pendapatan Bunga 46243782.00
5. Pendapatan Lain-lain
6. SHU dari PKPRI 1232465.00
7. Bunga bank 232335.00
8. Denda Pinjaman 0.00
9. Jumlah Pendapatan lain-lain (6+7+8) 1464800.00
10. Jumlah pendapatan (3+9) 51125782.00
11. BEBAN
12. Organisasi dan pembinaan 10831500.00
13. Operasional 6300589.00
14. Administrasi dan umum 6810500.00
15. Penyusutan 35000.00
16. Jumlah beban (11+12+13+14+15) 23977589.00
17. SHU SEBELUM PAJAK (10-16) 27148193.00
18. Pajak 1532134.00
19. SHU SETELAH PAJAK (20+21) 25616059.00
4.2.1.2 Perhitungan Melalui Aplikasi



Nama           : Tri Yusnia Efendi
Kelas/NPM : 2EB09/27211179
Tahun          : 2011-20012







Tidak ada komentar:

Posting Komentar